Lebaran idul adha ke2 di bumi anoa

Oleh:Sujono said


Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Lailaha illallahuallahu akbar, Allahuakbar walillahilham. Hari ini, kamis 29 Juni 2023 bertepatan dengan 10 dzulhijjah 1444 hijriah, di seluruh Indonesia telah menggema takbir, tasbih, dan tahmid memuji kebesaran Allah. Lakok penulis jadi khatib hari raya idul adha sih?.
Jadi begini, hari ini penulis hanya ingin meluapkan rasa syukur kepada Allah, lantaran hari ini genap setahun tinggal di rumah jabatan SLB Kusuma bangsa. Penulis teringat, setahun yang lalu ketika penulis mengikuti rapat pembagian tugas sebagai guru baru, bukan pembagian harta warisan ya guise, sorenya penulis langsung masuk rumah jabatan dan resmi tinggal hingga hari ini.
Penulis teringat, hari itu pagi mengikuti rapat, berlanjut dengan santap siang bersama penjaga sekolah yang penulis juluki sebagai protocol rujab, dan sorenya, ais yang tak lain adalah saudara penulis juga mengantarkan pakaian dan property lain dan penulispun tinggal di Rumah jabatan SLB Kusuma bangsa hingga kini.
Sepekan kemudian, tepatnya pada tanggal 8 Juli 2022, penulis merayakan hari raya idul adha pertama di masjid al-adli, masjid yang menjadi tempat penulis melaksanakan shalat jumat dan beberapakali memperoleh jadwal ceramah tarawih. Sepulang dari masjid, penulis diajak bersama dengan protocol rujab mengikuti silatur-rahim dengan keluarga inti dari ketua dewan Pembina yayasan Kusuma bangsa. Dan sehari pasca idul adha, penulis memulai aktivitas di tempat yang baru, dengan suasana dan kultur serta lingkungan yang baru. Dan tepat hari ini, yang juga bertepatan dengan hari raya idul adha. Penulis berangkat ke masjid al-adli sekira jam6 lewat, tapi sesampai di masjid, penulis sudah tak dapat lagi shaf pinggir. Itulah resiko bagi yang terlambat datang, tapi lantaran penulis sudah tercitrakan seperti tokoh agama, eh malah disuruh duduk shaf terdepan, rasanya geli sendiri. Seusai shalat idul adha, penulis dan protocol melanjutkan halal bihalal di rumah tetangga yang penulis sudah anggap sebagai orang tua sendiri. Setelah itu, penulis melakukan halal bihalal dengan keluarga di selayar secara firtual lewat sambungan video call. Setelah itu, penulis kembali beraktivitas.
Al-hamdulillah, hari ini tanggal 29 Juni 2023, genap setahun penulis tinggal di rujab yang juga bertepatan dengan hari raya idul adha. Untuk itu, penulis sangat mensyukuri semua ini sembari penulis juga ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada seluruh pembaca blog gagasan lelakibiasa yang tak punya apa-apa ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalankaki di pagi hari

Menjemput jodoh di tanah muna

Membangun paradigma nklusi